Menurut Danu Wira Pangestu, manajemen sistem informasi adalah kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna bagi semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.
Apa yang dimaksud dengan sistem informasi manajemen (management information system)?
Pengertian Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem perencanaan di dalam perusahaan
yang melibatkan pengendalian internal seperti pemanfaatan sumber daya, dokumen, teknologi,
dan akuntansi manajemen sebagai salah satu strategi dalam bisnis.
Pada intinya, sistem informasi manajemen dalam bisnis atau perusahaan bertujuan untuk
mengumpulkan, memproses, menyimpan hingga menganalisa informasi dan kemudian
disebarkan untuk tujuan yang spesifik.
Manajemen sistem informasi berguna sebagai acuan untuk pengambilan keputusan dalam sebuah
organisasi atau perusahaan. Lebih dalam tentang manajemen sistem informasi, tujuan, fungsi dan
contoh penerapannya dalam bisnis akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini.
Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli
Beberapa ahli di bidang ilmu manajeman pernah menjelaskan mengenai manajemen sistem
informasi, diantaranya adalah:
1. Raymond McLeod Jr
Menurut Raymond McLeod Jr, pengertian management information system adalah suatu sistem
berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pengguna yang memiliki
kebutuhan yang sama.
Informasi tersebut menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya tentang apa yang
telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang, dan apa yang mungkin terjadi di
masa depan.
2. Nash dan Robert
Menurut Nash dan Robert, manajemen sistem informasi adalah kombinasi dari user/orang,
teknologi, media, prosedur, dan juga pengendalian, yang memiliki tujuan tertentu.
Tujuannya adalah untuk mendapatkan jalur komunikasi, memproses tipe transaksi, dan mmemberi sinyal kepada manajemen terhadap kejadian di perusahaan.